Seperti kebanyakan orang yang bermain game, saya mengambil beberapa bulan isolasi dalam ruangan sebagai kesempatan untuk bermain lebih banyak dari mereka. Saya melewati masalah besar: Cyberpunk, Doom Eternal, rilis PC Horizon: Zero Dawn yang sangat dihargai. Tapi mereka semua akhirnya mencapai akhir mereka, baik pada akhir permainan atau titik di mana kilau itu hilang begitu saja.
Permainan yang terus saya mainkan selama masa penguncian yang suram dan penuh tekanan adalah yang sudah saya mainkan selama bertahun-tahun. Dan yang mengejutkan saya, mereka adalah orang-orang yang “bebas”. Kutipan yang mencolok ada karena, seperti yang kebanyakan dari kita ketahui sekarang, permainan yang dirancang sebagai permainan gratis selalu menghabiskan banyak waktu, karena pemain menelusuri jalur lambat permainan, atau uang, karena mereka membayar untuk Lewati.
Tapi saya menemukan pelipur lara yang aneh dalam tiga pertandingan seperti itu selama pandemi. Secara khusus saya menemukan diri saya menantikan untuk memenuhi tantangan dan bonus harian mereka, meskipun mengetahui bahwa ini adalah kunci lain di kotak alat freemium, yang dirancang untuk menginspirasi perilaku adiktif dan pengembalian reguler.
Brawlhalla
Pertama mari kita periksa Brawlhalla, freemium mengambil platform pejuang seperti Smash Bros. yang tersedia di hampir semua konsol dan sistem operasi. Pengembang Brawlhalla mengatakan kepada WIRED bahwa mereka mengukur peningkatan yang cukup besar dalam pemain harian selama pandemi, dan menghubungkan lompatan itu dengan lebih banyak orang di rumah yang ingin bermain dengan teman.
Gim ini menawarkan berbagai mode kompetitif dan banyak sekali tambahan kosmetik untuk dibeli, tetapi saya memilih untuk fokus membuka kunci semua petarung. Saat ini ada 53 yang mengejutkan, belum termasuk segudang crossover yang mencakup segelintir budaya pop dari bintang gulat WWE hingga Steven Universe. Masing-masing dapat dibeli dengan mata uang gratis, koin, sedangkan mata uang premium disediakan untuk kosmetik yang lebih mewah. Sebagai alternatif, Anda dapat menghabiskan sekitar $20 untuk membuka semuanya menghindari biaya yang cukup masuk akal ini adalah tujuan saya.
Sementara beberapa petarung didiskon, pada tingkat rata-rata koin yang diperoleh per pertarungan, Anda harus bermain selama sekitar 10 jam berturut-turut untuk membuka kunci hanya salah satu karakter yang lebih mahal. Sejumlah kecil terbuka untuk digunakan pada waktu tertentu, dan mereka berputar setiap beberapa hari, tetapi mendapatkan semuanya dengan cara yang mudah merupakan pekerjaan besar.
Di sinilah tantangan harian masuk. Selain bonus 50 hingga 250 koin untuk masuk ke game sekali sehari (bonus menumpuk untuk hari bersamaan), Anda bisa mendapatkan 250 koin untuk menyelesaikan tantangan tertentu misalnya, memenangkan tiga putaran atau menjatuhkan delapan lawan dengan petarung tombak. Karena Anda juga mengumpulkan emas setelah setiap pertarungan, itu bertambah dengan cepat jika Anda bermain secara strategis. Dan itu belum termasuk acara dalam game yang sering menawarkan lebih banyak mata uang dalam game.
“Misi harian adalah cara yang bagus untuk mendapatkan Emas, dan pemain memperhatikan apakah mereka ingin membuka Legenda favorit baru atau menabung untuk skema warna tertentu,” kata Joshua Kenneth, manajer proyek internasional di Brawlhalla.
Bonus dan misi harian adalah komponen umum dari game freemium, mendorong pemain untuk sering masuk dan mengikuti promosi terbaru. Tapi itu adalah penyesuaian kecil pada formula yang membuat gilingan lebih enak dan yang membuat saya kembali. Di Brawlhalla Anda dapat menyimpan hingga tiga tantangan harian tersebut sekaligus, dan dengan asumsi mereka tumpang tindih, Anda dapat menyelesaikannya secara bersamaan. Selain itu, Anda dapat mengulang satu tantangan setiap hari, mencoba sesuatu yang lebih mudah, lebih menyenangkan, atau yang cocok dengan tantangan lainnya. “Kami mencoba memastikan misi mencapai keseimbangan yang baik antara variasi dan gaya bermain sehingga ada sesuatu yang menarik untuk semua orang,” kata Kenneth.
Di antara semua ini, dan memilih pertempuran Anda dengan hati-hati, cukup mudah untuk mendapatkan ribuan koin seminggu dengan bermain hanya beberapa menit sehari. Untuk penggemar lama Smash seperti saya, ini adalah kompromi yang cukup adil.
Investasi waktu masih tidak masuk akal jika Anda melihatnya seperti tugas atau pekerjaan, karena banyak game freemium bisa menjadi. Saya bisa menghabiskan $20 untuk membuka semua petarung sekaligus, dan dalam hal waktu murni, saya mungkin harus melakukannya. Banyak rekan pemain saya melakukannya, menurut Kenneth. “Begitu Anda memiliki beberapa Legenda yang sering Anda mainkan, Paket All Legends yang membuka semua Legenda saat ini dan masa depan menjadi pilihan yang jelas. Ini adalah kesepakatan yang bagus dan sering dianggap ‘membeli game’, jadi ini cukup populer.”
Dengan target 500 koin yang saya tentukan sendiri setiap hari, saya masih perlu waktu lebih dari setahun untuk membuka kunci semua orang. Tetapi sebagai target yang saya tetapkan untuk diri saya sendiri, pada nilai yang telah saya putuskan, itu menambahkan lapisan meta tantangan ke permainan dan memberi saya alasan untuk terus kembali.
Hearthstone dan Pokemon Go
Kombinasi bonus dan tantangan harian, serta opsi bagi pemain untuk melewati atau mengganti beberapa di antaranya, sering digunakan untuk struktur permainan freemium. Blizzard awalnya membuat marah para penggemar game kartu perdagangan bertema World of Warcraft, Hearthstone, ketika sistem pass pertempuran musiman baru diperkenalkan. Tetapi setelah mengacak hadiah dan tingkat perolehannya, mereka telah menemukan jalan tengah yang bagus.
Seperti Brawlhalla, Hearthstone memberi Anda tantangan harian yang dapat Anda buka, yang membutuhkan waktu antara 10 dan 30 menit untuk menyelesaikannya. Dan di sini lagi Anda dapat memutar ulang tantangan jika tidak sesuai dengan keinginan Anda, dan tantangan harian menumpuk hingga empat hari. Selain itu, Hearthstone memberi Anda tiga tantangan mingguan yang lebih kecil yang menawarkan sekitar tiga kali lebih banyak mata uang dalam game untuk ditukar dengan paket kartu atau kosmetik, sekali lagi dengan bank maksimum empat dan opsi untuk memutar ulang satu hari. Semua tantangan ini dapat diselesaikan secara bersamaan, dan sebagian besar tidak benar-benar mengharuskan Anda untuk memenangkan pertandingan apa pun, jadi permainan harian senilai istirahat makan siang sudah cukup untuk mengalahkan semuanya, bahkan jika Anda mengalami kekalahan beruntun.
Pokémon Go memiliki tidak kurang dari tiga tantangan mingguan yang berbeda pada waktu tertentu: menumpuk bonus harian untuk menangkap satu Pokémon, bonus harian lainnya untuk memutar Pokestop berbasis lokasi, dan tantangan semi-acak seperti menangkap tiga Pokémon tipe bug atau mendapatkan yang sangat baik. melemparkan. Sekali lagi, pemain dapat mengulang tantangan acak (meskipun membutuhkan putaran Pokestop lagi).
Selesaikan tantangan apa pun selama tujuh hari berturut-turut, dan Anda mendapatkan bonus pengganda besar dalam pengalaman dan jarahan, dan kesempatan untuk menangkap makhluk langka. Pertahankan ketiganya dan Anda akan mendapatkan bonus dalam game tanpa harus mengeluarkan uang sepeser pun, selain hadiah tambahan untuk pencapaian jarak berjalan kaki atau menukar hadiah digital dengan teman.
Memeriksa permainan freemium reguler saya menjadi ritual, memberi struktur pada hari-hari yang sama, dan menawarkan alternatif yang diberkati untuk berita kiamat tentang salah urus negara saya. Saya menantikan huru-hara harian saya saat istirahat makan siang atau lari cepat di Medan Pertempuran setelah rapat panjang, dan Pokegym terdekat saya semuanya dimaksimalkan untuk jalan-jalan anjing yang menyegarkan. Secara intelektual, saya tahu bahwa para pengembang mengharapkan bahkan, mengandalkan perilaku yang membentuk kebiasaan itu. Tetapi dalam judul-judul khusus ini, saya menemukan bahwa hadiah yang mereka tawarkan sepadan dengan waktu yang mereka minta dari saya. Saya bahkan memanjakan diri dengan pembelian beberapa dolar sesekali, karena saya merasa bahwa kenikmatan yang saya terima setidaknya bernilai sebanyak itu.
The Dark Side of the Freemium Grind
Imbalan berulang tentu lebih menarik daripada kosmetik mencolok atau tiket pertempuran apa pun yang lebih disukai pengembang untuk saya perjuangkan. Sebanyak saya menikmatinya, tidak mungkin untuk melupakan aspek psikologis yang lebih menyeramkan dari judul-judul ini. Ketiga game ini memiliki lubang freemium yang cukup dalam, tetapi mari kita periksa Brawlhalla.
Selain membuka petarung atau mendaki peringkat kompetitif, tujuan tersier Brawlhalla adalah mengumpulkan kosmetik. Beberapa pengaya yang mencolok itu masuk akal; Saya telah menghabiskan $10 untuk dua skin untuk dua petarung favorit saya. Tapi kulit yang paling mengesankan dan kosmetik lainnya semuanya terkunci di “peti”, kotak jarahan acak yang sebagian besar penuh dengan item untuk karakter yang tidak akan Anda mainkan.
Misalnya, untuk mendapatkan skin Infinite Wu Shang gaya Iron Man, saya harus menunggu peti “Cosmic” kembali berputar di toko, di mana hanya muncul sebulan sekali. Saya kemudian harus menghabiskan sekitar $ 4 di dada… dengan hanya satu dari 21 kesempatan untuk benar-benar mendapatkan kulit yang saya inginkan. Dan tidak hanya 20 skin lainnya di peti untuk karakter lain, 18 di antaranya adalah skin yang bisa saya beli secara individual dengan $4 itu.
Sifat acak dari peti tersebut, dan kemunculannya dalam kelangkaan waktu di toko dalam game, hampir meminta pemain untuk terus membeli peti pada hari itu sampai mereka mendapatkan yang mereka inginkan. Dengan asumsi keberuntungan terburuk dan dengan harga maksimum 2.940 koin premium, mendapatkan satu kulit itu mungkin berharga lebih dari $100 dalam bentuk uang sungguhan. (Dan itu adalah salah satu sistem kotak jarahan yang lebih pemaaf, dibandingkan dengan game gacha seperti Genshin Impact. ) Itu membuat saya yang tidak menghargai waktu saya sendiri untuk membuka kunci semua karakter dengan cara lambat tampak benar-benar hemat https://www.bandoeng.co.id
Itulah mengapa sangat penting untuk memilih pertempuran Anda ketika datang ke game freemium. Membuka kunci karakter di Brawlhalla, membuka kunci premium Battlegrounds di Hearthstone, dan hanya secara umum menangkap monster keren (tidak harus “mereka semua”) di Pokémon, adalah tujuan yang dapat dicapai. Dan yang terpenting, mereka tetap dapat dilakukan dalam jumlah waktu yang wajar, tanpa harus mengeluarkan uang.
Triknya adalah menemukan game yang lebih berbobot ke pemain dalam hadiah yang mereka bagikan, dan menetapkan persyaratan Anda sendiri untuk apa yang mewakili kemenangan.