Sekarang kita melihat ribuan orang bermain game online seperti tetris, ping pong, mario bros, super mario dll secara gratis, tetapi meskipun sejarahnya kembali ke tahun 1970-an, bagi kebanyakan orang game online dimulai dengan ledakan Internet pada tahun 1993 dan dengan munculnya Doom and Warcraft sekitar tahun 1994 atau 1995. Hal ini mendapat dorongan lebih lanjut dengan penerbit mulai menambahkan konektivitas Internet ke permainan komputer pada tahun 1994-95.
Media sendiri pada kenyataannya tidak tahu tentang sejarah game online. Sejauh yang mereka ketahui, game online hanya terjadi secara kebetulan ketika pengiklan mereka mulai memproduksi game internet. Tapi tidak demikian…
Tahun-tahun Awal Pembangunan
Pada awal 1950-an seorang mahasiswa menciptakan permainan seperti Tic-Tac-Toe untuk proyek kelas yang akan dimainkan di komputer dinosaurus masa itu lengkap dengan tabung sinar katoda untuk tampilan layar. Tahun 1960-an ada siswa MIT yang memprogram permainan yang disebut “Space war (perang antariksa)” yang dapat dimainkan dengan dua orang melalui jaringan primitif. Akhir 1960-an membawa video game “nyata” pertama seperti tenis meja dan game shooter.
70-an – Game Dimulai
Game online serius dimulai dengan game online interaktif pertama yang disebut ADVENT. Bahkan game berjaringan dikonsep dengan ADVENT. Game berjejaring membuat para pengguna saling bertarung dalam dunia fantasi online. Game berjejaring pertama disebut Mazewar, game yang melibatkan pemain berjejaring bepergian melalui labirin dan berusaha saling membunuh.
Berikutnya adalah interaksi interpersonal dalam lingkungan multiplayer. Game yang pertama disebut DUNGEN. DUNGEN memiliki pemain yang saling bersaing untuk menyelesaikan serangkaian pencarian. DUNGEN disediakan dengan pengaturan dan pemain baru setiap kali pengguna masuk.
Akhir 1970-an menyaksikan dimulainya video game menggila dengan semakin banyak orang yang paham komputer. Sebagai akibat wajar alami, orang mulai menulis game mereka sendiri untuk komputer di rumah. Para penggemar pemrograman ini berdagang dan menjual game-game rumahan ini di pasar lokal.
Perubahan lain pada tahun 1970-an adalah konsol game rumahan yang menggunakan kartrid game. Itu berarti orang-orang dapat mengumpulkan cartridge game untuk satu unit dasar alih-alih memiliki sistem konsol game yang besar.
80-an – Beberapa Jeda Sebelum Badai
1980-an video game dan komputer menggila, tetapi game online belum di cakrawala. Game baru dengan suara dan grafik yang lebih baik diperkenalkan dan mendapatkan popularitas. Posisi Pole dan Pac-man adalah dua yang mencapai popularitas besar. Itu selama 1980-an ketika Nintendo memperkenalkan sistem game pertama.
90-an – Revolusi Dimulai
Tahun 1990-an melihat pertumbuhan fenomenal dalam popularitas dan teknologi terutama karena munculnya 3-D dan multimedia.
Myst, game petualangan intelektual memperkenalkan game dalam format CD-ROM. Perangkat keras grafis 3-D yang lebih canggih membuat game FPS (first person shooter) seperti Gempa dimungkinkan.
Akhir 1990-an melihat pertumbuhan eksponensial dari Internet, MUD (multi-user dungeons) yang membuat game online sangat populer. Antarmuka grafis yang baru dan lebih baik membuat orang di seluruh dunia bermain melawan satu sama lain tidak hanya dalam game FPS tetapi juga dalam game strategi waktu nyata (game RTS) serta game orang ketiga seperti Grand Theft Auto (GTA).
Ini juga merupakan periode ketika situs web mulai menawarkan game online seperti tetris, ping pong, mario bros, super Mario dan game flash online gratis lainnya dan game berbasis non-flash gratis untuk bermain setelah mendaftar. Ini benar-benar mendorong game online ke dalam jiwa populer.
Abad ke-21 – Dunia Hanyalah Taman Bermain
Tahun-tahun awal abad ke-21 didominasi oleh DVD-CD-ROM. Ini telah mengubah cara game online dimainkan. Sistem game terbaru seperti play station Sony dan Microsoft X-box memiliki kemampuan jaringan untuk memungkinkan orang bermain satu sama lain secara real time dari seluruh dunia. Layanan internet broadband yang tumbuh secara eksponensial telah memungkinkan bermain game online ini dalam arti sebenarnya.
Satu-satunya kelemahan dari teknologi yang terus berkembang untuk game online adalah apa yang Anda beli hari ini mungkin menjadi usang pada tahun berikutnya. Untungnya, bagi para gamer yang serius, industri penjualan game-game online ini sangat besar. Industri penjualan ini hanyalah elemen lain dari sejarah game online yang terus berubah.